Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe luar biasa Fantastis. Masyarakat Indonesia sangat mudah menemukan Jahe. Jahe beraroma menyengat rasanya pun memberi sensasi hangat untuk minuman atau bumbu makanan. Jahe merupakan salah satu bahan baku pengobatan tradisional. Indonesia mengenal rimpang jahe dan menggunakannya sebagai rempah – rempah maupun bahan obat tradisional.

 

Mengutip Everyday Health dalam satu sendok makan jahe mengandung 5 kalori, 1 gram karbohidrat, Setelahnya mengandung 0,1 gram serat makanan, 0,1 gram protein, 0 gram lemak, dan 0,1 gram gula pasir. Tentunya Vitamin B3 dan B6, zat besi, kalium, vitamin C, magnesium, fosfor, seng (zinc), folat, riboflavin dan niasin pun ada dalam jahe.

 

Rahasia Manfaat Jahe

 

khasiat rahasia jahe

 

1. Meredakan mual

Manfaat jahe meredakan mual, karena aroma gingerol dan shogaol. Gingerol memblokir reseptor serotonin di lapisan perut dan mengurangi nyeri, mempercepat proses pencernaan makanan.

 

2. Mengurangi gas

Enzim dalam jahe dapat memecah dan mengeluarkan gas dalam pencernaan. Sebab, enzim lipase dalam jahe meningkatkan fungsi pencernaan meredakan dan mencegah sembelit.

 

3. Sistem kekebalan tubuh

Jahe segar melindungi sistem pernapasan. Tapi, manfaat itu kita tidak menemukannya dalam jahe yang sudah kering. Jahe mampu mendukung sistem kekebalan tubuh membantu pemulihan flu dan pilek.

 

4. Mengendalikan kadar gula darah

Gingerol menjaga kadar gula darah tetap stabil. Jahe menjaga supaya glukosa tidak menumpuk di dalam aliran darah. Manfaat jahe juga mendukung otot untuk menyerap glukosa tanpa menambahkan ekstra insulin.

 

5. Meredakan nyeri

Sifat antioksidan dan enzim antiinflamasi dalam jahe bermanfaat meringankan rasa sakit. Khususnya terkait kram menstruasi dan arthritis. Tapi, khasiat jahe untuk meredakan sakit tidak bersifat instan atau seketika. Dengan konsumsi rutin, jahe dapat membantu menghilangkan nyeri.

 

 

6. Kesehatan otak

Manfaat jahe bisa juga memperlambat perkembangan demensia, alzheimer, dan degenerasi otak. Jahe sangat membantu mempertahankan sel otak atau neuron supaya tetap sehat. Misalnya, seperti meningkatkan memori pada waktu kerja, mempertajam fokus, dan waktu reaksi yang lebih cepat.

 

7. Menurunkan berat badan

Studi pada hewan dalam jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition. Melaporkan konsumsi air dan ekstrak jahe membantu mengurangi berat badan. Kemudian, studi lain juga menunjukkan efek penurunan berat badan pada wanita yang mengonsumsi 2 gram bubuk rempah ini selama 12 minggu.

 

Penurunan berat badan ini membantu seseorang untuk mencegah obesitas sekaligus mempertahankan berat badan idealnya. Mengetahui manfaatnya berasal dari mekanisme rempah jahe ini pada tubuh, yakni meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh.

 

Sumber : https://www.halodoc.com/