Tragedi Pesta Halloween Itaewon Meninggalkan Luka Pilu Rakyat Korsel

Tragedi Hallowen Itaewon

Pemerintah Korsel Bergerak Cepat Atas Tragedi Pesta Halloween Itaewon

Pemerintah Korea Selatan bergerak untuk menenangkan kemarahan publik pada Selasa (1/11/2022). Atas peristiwa tragedi pesta Halloween Itaewon (Korea Selatan) yang menewaskan lebih dari 150 orang, yang kebanyakan dari mereka masih muda.

Menurut informasi dari Reuters, Korsel menjanjikan penelusuran yang kencang dan intensif dan menyerukan langkah-langkah keamanan baru yang keras untuk mencegah hal serupa petaka.

Korban tewas dari Itaewon pada pesta jalanan Halloween yang ramai pada hari Sabtu (29/10/2022) naik menjadi 156 dengan 151 terluka, 29 antaranya dalam situasi serius. Sedikitnya 26 warga dari 14 negara termasuk yang meninggal.

Puluhan ribu orang yang bersuka ria, banyak yang berusia remaja dua puluhan dan mengenakan kostum, sudah memadati jalan-jalan sempit dan gang-gang distrik Itaewon. Distrik ini populer untuk perayaan Halloween pertama yang hampir tidak terkontrol dalam tiga tahun ini.

Komisaris Jenderal Polisi Nasional Yoon Hee-keun mengatakan bahwa pengendalian massa pada lokasi kejadian tak memadai. Kepala petugas keamanan negara itu, Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min, mengatakan mengerahkan lebih banyak polisi tak akan mencegah petaka itu.

“Saya merasa tanggung jawab tidak terbatas seputar keselamatan publik atas kecelakaan ini dan saya akan mengerjakan yang terbaik untuk memutuskan tragedi seperti ini tak terjadi lagi,” kata Yoon dalam konferensi pers.

Himbauan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol

“Polisi akan dengan cepat dan ketat melakukan pemeriksaan dan penelusuran intensif pada segala aspek tanpa selain untuk menerangkan kebenaran kecelakaan ini,” tambah Yoon.

Tragedi Pesta Halloween Itaewon

AGRIKULTURA.id – Presiden Yoon Suk-yeol sudah mengumumkan satu pekan berduka cita nasional, dengan mengatakan negara itu mempunyai terlalu banyak petaka keselamatan. Ia mengatakan respons yang lebih bagus betul-betul penting, termasuk peningkatan pengendalian massa.

“Kita patut membuat langkah-langkah keamanan konkret untuk mengelola kerumunan, tidak cuma pada jalan-jalan ini yang mana petaka besar ini terjadi. Namun pada daerah-daerah lainnya seperti stadion dan daerah konser. Yang mana seperti kita ketaui, banyak terjadi orang berkumpul,” katanya pada pertemuan kabinet.

Semua korban sudah teridentifikasi dan altar peringatan sudah pemerintah siapkan pada balai kota Seoul dan distrik Itaewon. Sehingga nantinya para warga korea selatan dapat memberikan penghormatan kepada korban tragedi kemarin.

Lee mendapatkan kecaman tajam dari publik atas komentarnya seputar peran polisi. Pada aplikasi media sosial, sebagian orang Korea mengatakan tindakan pencegahan tak memadai untuk acara yang menarik kehadiran banyak orang.